Senin, 16 Mei 2016

Internet Dan Aplikasi

Pengertian Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.


Pengertian dan Aplikasi Internet

Pengertian Aplikasi Internet

Aplikasi Internet adalah istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. 

Beberpa Aplikasi Internet



  • E-mail / electronik mail : surat atau pesan elektronik yang dikirimkan oleh dan antar individu atau komputer. Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja, tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, foto dan juga suara. Contoh email: dhy_margera@gmail.com

  • Mailing List : sering disebut milis di kalangan neter Indonesia, salah satu jenis discussion group di internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list address. Contoh milis: raharja10@groups.live.com 
  • Newsgroups : juga salah satu discussion groups yang ada di internet namun menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. 
  • File Transfer Protocol / FTP : layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet sehingga kita bisa men-download maupun upload file-file.
  • Remote Login : layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.
  • World Wide Web / www : layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah perangkat lunak (software) yang disebut web browser. Contoh web browser : Internet Explorer, Mozila Firefox Google Chrome dll.
    Internet Explorer

  • Videoconference atau konferensi video adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan.
  • P2P Application : merupakan singkatan dari Peer-to-Peer atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi-berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas.
  • Internet Broadcast : memungkinkan stasiun radio dan/atau televisi melakukan siaran (langsung/tidak langsung) melalui internet.
Source : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar